Sepatu

5 Tips Efektif untuk Membuat Sepatu Tahan Air dari Hujan

Menjadikan koleksi sepatu tahan air, penting untuk menjaga kualitas fungsi terutama saat musim hujan datang. Air dan kotoran nyatanya berkemampuan merusak dan mengurangi masa pakai sepatu Anda. Namun, dengan perawatan rutin yang tepat, niscaya sepatu Anda akan jauh dari kerusakan dan tetap tampak baru untuk waktu yang lama. 

Melalui artikel kali ini, kami akan memberikan 5 tips efektif untuk melindungi sepatu Anda dari hujan dan kotoran berlebih, menggunakan produk-produk jempolan dari merek kenamaan.

Siap membuat sepatu tahan air selama musim hujan? Mari simak berbagai tips berikut!

Produk Pelindung Sepatu Tahan Air dari Collonil

sepatu tahan air

Musim hujan sering kali menimbulkan kesulitan tersendiri dalam merawat sepatu kesayangan. Air hujan, lumpur, dan kelembaban tingkat tinggi dapat merusak material sepatu, membuatnya cepat aus, dan kehilangan penampilan terbaiknya.

Demi mengatasi permasalahan tersebut, Anda sebaiknya dapat memilih produk perawatan sepatu yang terbaik dan sesuai kebutuhan. Untuk melindungi sepatu dari berbagai ancaman musim hujan, Collonil menawarkan beberapa produk berkualitas yang dirancang khusus untuk menjadi partner perawatan yang dapat Anda andalkan. Berikut beberapa produk yang dapat Anda pertimbangkan:

  • Collonil Waterstop Spray

Collonil Waterstop Spray adalah produk pelindung yang efektif untuk mencegah penetrasi air dan kotoran ke dalam sepatu. Spray ini menciptakan lapisan pelindung yang tidak terlihat, memastikan sepatu Anda tetap kering dan juga bersih, meskipun terkena air dalam durasi yang cukup intens.

  • Collonil Carbon Pro

Collonil Carbon Pro menawarkan perlindungan ekstra dengan teknologi canggih yang menciptakan lapisan pelindung tahan lama terhadap kotoran dan kelembaban. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit dan tekstil, menjadikannya pilihan yang sangat serbaguna.

  • Collonil Clean + Care

Collonil Clean + Care adalah produk pembersih dan perawatan sepatu secara menyeluruh yang juga memberikan perlindungan dasar. Produk ini sangat ideal untuk menjaga sepatu tetap bersih dan terawat.

Langkah Mudah Merawat Sepatu di Musim Hujan

sepatu tahan air

Setelah memahami dampak tetes air hujan bagi sepatu, Anda tentu jadi lebih waspada terkait koleksi yang Anda miliki. Namun, merawat sepatu agar tetap cemerlang sebetulnya tidaklah sesulit itu. Berikut ini beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk merawat sepatu selama musim hujan.

1. Langkah 1: Membersihkan Sepatu Sebelum Menambahkan Perlindungan

Membersihkan sepatu sebelum menerapkan pelindung dan menjadikannya sepatu tahan air sangat penting untuk memastikan bahwa tidak ada debu atau kotoran yang terperangkap di bawah lapisan.

  • Mengapa Membersihkan Sepatu Penting
    Debu dan kotoran dapat merusak permukaan sepatu jika tidak dibersihkan terlebih dahulu. Membersihkan sepatu secara berkala juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan permanen yang dapat memangkas usia pakai sepatu Anda.
  • Rekomendasi Produk
    • Collonil Clean + Care: Untuk membersihkan dan merawat sepatu secara menyeluruh.
    • Collonil Leather Soap: Untuk pembersihan mendalam dan menghilangkan noda membandel.

2. Langkah 2: Menerapkan Spray Pelindung

Setelah koleksi yang hendak dijadikan sepatu tahan air sudah dirasa bersih, langkah yang dapat Anda lakukan adalah memberikan semprotan pelindung untuk mencegah penetrasi air dan kotoran. Anda bisa menggunakan Collonil Waterstop Spray untuk menjaga sepatu Anda tetap prima.

  • Cara Menggunakan Collonil Waterstop Spray
    • Pastikan sepatu dalam kondisi kering dan bersih.
    • Semprotkan Collonil Waterstop Spray secara merata dari jarak sekitar 20 cm.
    • Biarkan sepatu mengering selama beberapa menit sebelum digunakan.

3. Langkah 3: Mengeringkan Sepatu dengan Benar

Mengeringkan sepatu dengan benar sangat penting untuk menjaga kualitas material, terutama kulit dan tekstil. Jika sepatu Anda baru saja digunakan untuk menerjang hujan, hindari paparan langsung sinar matahari dan panas berlebih yang dapat merusak bahan. Silakan pilih koran atau kain penyerap dan letakkan di dalam sepatu untuk membantu proses pengeringannya.

4. Langkah 4: Menggunakan Produk Pelindung Tambahan

Lapisan ganda pelindung memberikan perlindungan maksimal terhadap air dan kotoran. Selain itu, lapisan ganda juga akan memastikan sepatu tahan air Anda tetap dalam kondisi terbaik. Untuk perlindungan ekstra, Anda bisa menggunakan Collonil Carbon Pro setelah menerapkan Waterstop Spray.

  • Cara Menggunakan Collonil Carbon Pro
    • Setelah menggunakan Waterstop Spray, biarkan sepatu mengering.
    • Semprotkan Collonil Carbon Pro dari jarak sekitar 30 cm.
    • Biarkan sepatu mengering lagi sebelum digunakan.

5. Langkah 5: Menyimpan Sepatu dengan Baik

Menyimpan sepatu tahan air dengan benar selama musim hujan sama pentingnya dengan menjaga kebersihannya secara berkala. Selama musim hujan, pastikan sepatu disimpan di tempat yang sejuk dan kering. 

Jika tempat tinggal Anda memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi, gunakan rak terbuka, tambahkan shoe tree untuk menjaga bentuk sepatu, dan berikan desiccant untuk menyerap kelembaban.

6. Tips Tambahan untuk Menjadikan Sepatu Tahan Air Selama Musim Hujan

Selain langkah-langkah di atas, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu menjaga sepatu Anda tetap terlindungi selama musim hujan.

  • Hindari Genangan Air dan Lumpur

Seperti yang kita semua ketahui, akan banyak sekali genangan ketika hujan turun. Walaupun begitu, sebisa mungkin hindari berjalan di genangan air dan lumpur. Pilih jalur yang lebih kering untuk melindungi sepatu Anda dari kelembaban berlebih dan untuk mempertahankan tampilan sepatu tetap minim bercak yang tidak diharapkan.

  • Gunakan Sepatu Pelindung atau Overshoes

Saat kondisi cuaca sangat buruk, gunakan sepatu pelindung atau overshoes. Ini memberikan lapisan perlindungan tambahan yang kasatmata untuk sepatu kesayangan Anda. Pelindung seperti ini cocok untuk Anda yang kurang yakin dengan performa lapisan tambahan kasatmata.

  • Cek Sol Sepatu Secara Berkala

Semakin sering digunakan, sol akan cepat aus dan usang. Hal ini akan semakin memburuk apabila sepatu tersebut tidak dirawat dengan benar dan sering digunakan menerjang hujan. Oleh karena itu, selalu periksa sol sepatu secara berkala agar sepatu tahan air untuk waktu yang lama.

  • Bersihkan Sepatu Segera Setelah Terkena Air

Jika sepatu Anda terkena air, segera bersihkan dan keringkan untuk mencegah kerusakan. Gunakan Collonil Clean + Care untuk membersihkan sepatu dan kemudian keringkan dengan benar.

Perawatan Sepatu Tahan Air Menggunakan Collonil Clean + Care

sepatu tahan air

Melakukan perawatan rutin sangat penting untuk menjaga sepatu tetap dalam kondisi baik. Perawatan rutin akan membantu mempertahankan keindahan dan fungsi sepatu Anda. Jadi, apabila digunakan, Anda akan jauh dari perasaan was-was.

Proses merawat sepatu tahan air Anda akan jadi lebih mudah dengan menggunakan Collonil Clean + Care. Produk tersebut ideal untuk perawatan rutin karena ampuh membersihkan dan merawat sepatu secara menyeluruh.

Cara Menggunakan Collonil Clean + Care Secara Berkala

    • Bersihkan sepatu dengan Collonil Clean + Care setiap beberapa minggu sekali.
    • Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah pembersihan dan pengeringan yang tepat.
    • Gunakan produk pelindung setelah pembersihan untuk hasil terbaik.

Lindungi Sepatu Anda dan Temukan Produk Terbaiknya Hanya di Stop’N’Go

Merawat sepatu Anda dengan baik selama musim hujan sangat penting untuk menjaga kualitas dan tampilan mereka. Sembari menerapkan tips-tips di atas, selalu gunakan produk-produk Collonil agar sepatu terasa tetap nyaman dan tidak kacau karena tampias serta genangan air.

Anda dapat membeli produk-produk Collonil yang kita bicarakan sedari tadi di Tokopedia atau Shopee. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat kunjungi website Stop’N’Go di halaman ini. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi layanan pelanggan kami di WhatsApp berikut.

Semoga artikel ini dapat membantu dalam melindungi dan merawat sepatu Anda selama musim hujan datang!

Pulihkan Keindahan & Fungsi Sepatu, Tas, dan Koper Anda

Reparasi Sepatu, Tas & Koper Selesai 60 Menit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *