General, Sepatu

Kolektor Sepatu Wajib Tahu! Cara Jaga Warna Sepatu Kulit Agar Tidak Pudar

Menjaga warna sepatu kulit agar tetap cerah dan tidak memudar sering kali menjadi tantangan tersendiri. Bagi para kolektor sepatu kulit, menjaga warna sepatu agar tetap cerah dan tampak prima merupakan hal yang esensial untuk mempertahankan kesan elegannya. Namun, kesulitan dalam menjaga warna ini dipengaruhi oleh banyak aspek yang menjadikannya cukup rumit dalam proses perawatan.

Warna sepatu kulit dapat memudar karena faktor eksternal maupun internal. Faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, kelembaban, dan debu dapat menyebabkan warna memudar seiring waktu. Sementara itu, faktor internal seperti kualitas bahan dan perawatan yang kurang tepat juga berperan dalam mempercepat proses melemahnya warna. Pada artikel kali ini, mari bersama-sama mempelajari cara menjaga sepatu kulit agar tahan lama.

Sudah siap untuk mempelajari cara mempertahankan warna sepatu Anda? Mari simak sampai habis!

Memahami Jenis Kulit Sepatu

Sepatu kulit merupakan jenis sepatu yang kerap digunakan pada pertemuan bisnis atau dalam acara-acara formal. Seiring berjalannya waktu, jenis sepatu ini juga fleksibel digunakan dengan kombinasi pakaian selain jas berdasi yang amat rapi. Jika belakangan ini Anda terpikir untuk membeli sepasang sepatu kulit, maka tak ada salahnya untuk memahami berbagai jenis kulit sepatu supaya dapat merawatnya dengan baik di masa depan.

1. Kulit Asli

Kulit asli berasal dari hewan seperti sapi, domba, atau bahkan buaya dan ular. Setiap jenis kulit asli, bahkan dari hewan yang sama dapat memiliki karakteristik unik yang membuatnya berbeda dalam hal tampilan, tekstur, dan perawatan. Oleh karena itu, setiap warna sepatu dari kulit asli tidak bisa dijamin sama satu dengan yang lainnya.

  • Kulit Sapi
    • Karakteristik: Kulit sapi terkenal karena daya tahan dan ketebalannya. Teksturnya yang agak kasar menjadikan bahan ini sering digunakan untuk barang yang membutuhkan daya tahan ekstra, seperti sepatu bot, jaket kulit, dan tas. Sempatkanlah waktu untuk berkunjung ke store yang menjual sepatu kulit agar Anda tahu betul bagaimana tampilan sepatu dari kulit sapi.
    • Perawatan: Bersihkan secara rutin dengan kain lembut, gunakan pelembab untuk menjaga hidrasi, dan jauhkan dari paparan langsung sinar matahari. 
  • Kulit Domba
    • Karakteristik: Kulit memiliki karakteristik yang berlawanan dengan kulit sapi. Kulit domba lebih lembut, lentur, dan ringan, sehingga biasa digunakan untuk jaket atau sarung tangan. 
    • Perawatan: Kulit domba harus diberi pelembab khusus untuk menjaga kelembutannya. Hindari terlalu sering terkena air agar kelembaban tidak berlebih. 
  • Kulit Eksotis
    • Karakteristik: Kulit eksotis berasal dari buaya atau ular, memiliki pola alami yang unik dan sering kali lebih mahal. Kulit ini biasanya digunakan untuk produk mewah seperti dompet, ikat pinggang, sepatu atau tas. 
    • Perawatan: Karena pola alami dan tekstur uniknya, kulit eksotis memerlukan pembersihan lembut dengan kain basah serta penggunaan pelembab khusus untuk mencegah kulit mengering dan pecah-pecah.

2. Kulit Sintetis

Jenis kulit ini terbuat dari bahan hasil rekayasa kimia yang menyerupai kulit asli, seperti poliuretan atau PVC. Kulit sintetis tidak memiliki pori-pori alami, sehingga lebih tahan air dan tidak memerlukan perawatan khusus yang mendetail.

Karakteristik: Tekstur kulit sintetis cenderung lebih halus dan seragam tampilan dan teksturnya dibandingkan kulit asli. Hal ini berlaku juga pada sepatu dengan kulit sintetis yang dapat serupa secara tampilan satu sama lainnya. Namun, jenis ini tidak memiliki daya tahan yang kurang memuaskan sehingga lebih rentan terhadap robek dan sering kali tidak sefleksibel kulit asli.

Perawatan: Kulit sintetis cukup dibersihkan dengan lap basah dan sabun ringan. Hindari penggunaan pelembab khusus untuk kulit asli, karena bahan kimia dalam pelembab kulit asli bisa merusak permukaan kulit sintetis sepatu Anda.

Penyebab Warna Sepatu Kulit Pudar

Seperti yang telah disebutkan di atas, warna sepatu dapat memudar akibat faktor internal maupun eksternal. Untuk lebih memudahkan Anda untuk memahami penyebab umum warna sepatu melemah, simak penjelasan berikut ini.

  • Paparan Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat merusak warna dan tekstur bahan kulit. Tak hanya kulit manusia, sinar UV sejatinya juga berbahaya bagi barang-barang kesayangan Anda. Paparan berlebihan menyebabkan warna kulit memudar, mengering, dan bahkan bisa menimbulkan retakan di permukaan. Sebaiknya hindari meletakkan barang berbahan kulit di tempat yang terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama.

  • Gesekan dengan Benda Lain

Gesekan berulang dengan benda lain, seperti permukaan kasar atau benda keras, dapat mengikis lapisan luar kulit. Hal ini menyebabkan permukaan kulit menjadi rusak, muncul goresan, atau bahkan sobek. Untuk mencegah kerusakan, pastikan barang kulit disimpan atau digunakan di tempat yang aman dari gesekan berlebihan.

  • Penggunaan Bahan Kimia yang Keras

Bahan kimia seperti cleaner keras, alkohol, atau minyak yang tidak tepat untuk material kulit dapat merusak lapisan pelindung dan warna. Kulit bisa mengering, mengelupas, atau kehilangan elastisitasnya jika terpapar bahan keras dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, gunakan pembersih khusus kulit dengan karakter lembut untuk menjaga kualitas dan tampilannya.

  • Keringat dan Kelembaban

Keringat dari area kaki dapat menyebabkan bahan sepatu kulit menjadi lembab, memicu tumbuhnya jamur hingga menyebabkan kulit melar dan kehilangan wujud aslinya. Kelembaban juga bisa mempercepat kerusakan serat kulit, membuatnya lebih cepat rusak. Untuk memperpanjang masa pakai, pastikan sepatu kulit tetap kering dan mendapatkan sirkulasi udara yang baik setelah digunakan.

  • Penyimpanan yang Tidak Tepat

Penyimpanan di tempat yang terlalu lembab, terlalu panas, atau tertindih benda berat dapat merusak bentuk dan kualitas kulit. Simpan sepatu berbahan kulit di tempat yang sejuk, kering, dan berikan ruang agar tidak tertindih benda lain.

Merawat Warna Sepatu Kulit

Setelah memahami penyebab memudarnya warna sepatu Anda, maka Anda harus memahami juga cara mencegah pudarnya warna dengan cara perawatan yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah mudah yang dapat Anda lakukan mandiri di rumah:

1. Langkah-Langkah Merawat Warna Sepatu Kulit

  • Membersihkan Sepatu Secara Berkala
    Langkah pertama merawat sepatu kulit adalah membersihkan permukaannya dengan menggunakan sikat lembut. Pada tahap ini, Anda dapat menambahkan pembersih khusus kulit untuk memastikan kotoran dapat rontok dengan benar. Hindari penggunaan air berlebihan.
  • Melembabkan Permukaan Kulit
    Setelah permukaan sudah dirasa bersih, silakan menggunakan pelembab kulit khusus untuk menjaga hidrasi yang telah berkurang selama proses pembersihan sebelumnya. Anda perlu memastikan produk yang Anda gunakan dapat memberi kelembaban yang tepat. Anda bisa menggunakan Saphir BDC untuk hasil hidrasi yang memuaskan.
  • Melindungi dari Sinar Matahari
    Langkah yang wajib Anda lakukan adalah untuk selalu menyimpan rak sepatu kulit di tempat yang teduh. Anda dapat menggunakan pelindung sepatu untuk memastikan sepatu kulit yang sedang tidak digunakan benar-benar terjaga dari sinar matahari. 
  • Menghindari Gesekan
    Gesekan dengan benda lain, permukaan kasar, hingga benda keras dapat merusak permukaan sepatu. Gunakan kantong sepatu untuk melindungi tiap pasangnya dan simpanlah secara terpisah untuk penjagaan sempurna.
  • Memilih Produk Perawatan yang Tepat
    Memilih produk perawatan yang sesuai sejatinya juga sama pentingnya dengan melakukan proses perawatan berkala. Pastikan Anda menggunakan semir sepatu dari Saphir MDO untuk memastikan warna sepatu Anda tetap terjaga.

2. Perawatan Khusus untuk Warna Tertentu

Berikut adalah tips merawat sepatu khusus untuk warna tertentu:

  • Warna Terang
    Warna terang seperti putih, krem, atau pastel lebih rentan terhadap noda dan kotoran. Untuk menjaga keindahan warna terang Anda bisa membersihkan secara rutin dengan kain lembut dan pembersih khusus kulit yang tidak terlalu keras. Jika terkena noda, segera bersihkan agar noda tidak meresap ke dalam serat kulit. Untuk mencegah noda menempel dan membandel gunakan pelindung kulit (leather protector). 
  • Warna Gelap
    Warna gelap seperti hitam, cokelat, atau navy cenderung lebih mudah dirawat karena tidak terlalu terlihat kotor. Namun, agar tetap terlihat berkilau, Anda perlu membersihkan debu dan kotoran dengan kain lembut secara rutin untuk mencegah penumpukan yang dapat membuat warna tampak kusam. Anda juga dapat mengaplikasikan semir khusus untuk warna kulit gelap agar warnanya tetap dalam dan mengkilap. 
  • Warna Eksotis
    Bersihkan permukaan menggunakan kain lembut untuk menghindari kerusakan pada pola dan tekstur kulit. Gunakan pelembab khusus untuk menjaga kilau alami dan kelembutan kulit eksotis. Tak lupa hindari bahan pembersih yang keras dan pastikan untuk menyimpan di tempat yang sejuk dan jauh dari sinar matahari langsung agar tampilannya tetap terjaga.

Jaga Kilau dan Warna Sepatu Anda bersama Shine and Go

Merawat sepatu kulit memang mudah, namun membutuhkan waktu dan ketelatenan. Perawatan yang tidak tepat berisiko menimbulkan warna sepatu yang memudar dan kilau alami yang menghilang. Gunakan semir sepatu yang tepat seperti Saphir MDO atau Saphir BDC untuk hasil yang optimal. Anda dapat menemukan dua semir sepatu berkualitas untuk perawatan mandiri tersebut di Stop’N’Go.

Jika Anda tidak memiliki waktu atau tidak ingin repot, Anda dapat mempercayakan perawatan sepatu kulit Anda kepada Shine and Go. Dapatkan produk perawatan sepatu di di Tokopedia atau Shopee Stop’N’Go dengan klik button dibawah.

Shine and Go adalah jasa profesional untuk semir dan perawatan sepatu kulit. Kami menggunakan produk-produk Saphir berkualitas tinggi dan teknik yang terampil untuk memastikan bahwa sepatu Anda terawat dengan baik dan tampil sempurna. Hubungi Shine and Go melalui WhatsApp untuk mendapatkan layanan yang lebih personal dan solusi yang tepat untuk sepatu Anda.

Pulihkan Keindahan & Fungsi Sepatu, Tas, dan Koper Anda

Reparasi Sepatu, Tas & Koper Selesai 60 Menit

FAQ

  1. Apa penyebab sepatu kulit saya warnanya memudar?

Ada berbagai kemungkinan yang kemudian menyebabkan warna sepatu Anda memudar, antara lain kesalahan dalam penyimpanan, penggunaan produk pembersih yang mengandung bahan keras, terpapar sinar matahari secara langsung, hingga gesekan dengan benda lain yang memiliki permukaan kasar.

  1. Apa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga warna sepatu dan kilau alaminya?

Anda dapat menggunakan semir seperti Semir Saphir yang dapat ditemukan di offline store Shine & Go, atau marketplace resmi Saphir di Tokopedia.

  1. Apakah semir Saphir aman digunakan?

Ya, semir Saphir terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi dan aman digunakan pada sepatu kulit.

  1. Apakah semir Saphir memiliki bau?

Semir Saphir memiliki aroma khas yang berasal dari bahan-bahan alami yang digunakan. Aroma ini mungkin tidak disukai semua orang, tetapi biasanya akan memudar setelah semir mengering.

  1. Bagaimana cara menyimpan semir Saphir?

Simpan semir Saphir di tempat yang sejuk dan kering. Hindari paparan sinar matahari langsung dan suhu ekstrem.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *